Grab the feel

Senin, 16 Agustus 2010

PROUD TO BE INDONESIAN

-----------------------------
    Pagi tadi, 17 Agusutus 2010. Gue bangun jam 04.30. Abis itu tidur lagi. Kebangun lagi jam 04.45. Gue langsung bangun, dan gatau kenapa gue tiba-tiba berdoa. Isi doa gue: "Thanks God for every grace that you gave to me. You still let me breath. And now, my country already 65 years old. Thank's for let me stil alive in this country. Amen."
    Abis itu gue bangung nge-check hape. Liat twitter isi timelinenya #indonesia65. Oh, all people now attacked independence day syndrom. Hahaha. Lil' bit laugh. Habis itu gue mandi, siap-siap terus caww ke sekolah. Sampe disekolah, anak-anak udah bertebaran di koridor. Untung langsung ketemu temen-temen:) Tapi ngga tau kenapa feel 17annya kurang greget. Karna lagi puasa kali ya?-_- Disitu gue nungguin sampe upacaranya mulai. And the ceremony begin.
    Mulai dari nyiapin barisan, sampe komandan upacara bener-bener masuk. Jujur, upacaranya ngga bagus-bagus amat. Tapi pas mulai amanat-dan itu yang jadi pembina Pak Lubis KOMIT-gue langsung semangat '45 loh! Bawaan semanagat Pak Lubis kaliya? Pak Lubis mulai ceramah dengan berkoar-koar. Sampe tiba-tiba dia nyanyi. Dia nanyi 'Bangun Pemudi-Pemuda' Dia ngajak kita semua nyanyi sambil ngepalin tangan(merdeka style gituu). Gue langsung semangat tuh sampe diginiin, "selow Tha selow." Tapi berhubung gue ngga tau lagunya, semangatnya ilang deh-_-
    Amanat selesai. Terus sampe di acara 'menyanyikan lagu wajib.' Lagu pertama: Hari Merdeka. Anjirrr, langsung semangat gue. Sampe aba-abanya belom selesai, gue udah nyanyi duluan. Dan gue jadi pusat perhatian seketika -_-". Tapi gue nyoba stay cool dong yaaaaaa. Gue nyanyi dengan semangat berapi-api. Suara kenceng sendiri. Tapi gapapa. Demi Indonesia! MERDEKA! -_-
   Lagu kedua, lagu ketiga. Dan selesai. Upacara pun selesai. Tapi ngga tau kenapa ada yg kurang.

------------------------------------

Tujuh belas agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka

Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap sedia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap sedia
Membela negara kita


    Yepp, it's August 17th. And it's our independence day. Is there something special? Nope. Why? Karna emang faktanya, rasa nasionalisme kita semakin hari semakin luntur. Jangankan orang dewasa, yang muda-mudi kayak kita ini aja kalo ditanyain tentang sejarah kemerdekaan Indonesia aja belom tentu tau. Kita bisanya cuman ikut-ikutan.
    Kayak yang gue liat tadi pagi. Timeline isinya #indonesia65. Dan gue tau, ngga sepenuhnya dari mereka tau arti 'kemerdekaan' yang sesungguhnya, termasuk gue. Ada yang cuma ikut-ikutan doang biar setiap tweetsnya di RETWEET sama anak-anak lain yang juga lagi kenapa #indonesia65 fever. Gue cuman bisa senyum. 

"Kenapa ngga tiap hari aja kayak gini? Kenapa cuman pas 17an doang kita bangga sama Indonesia"

    Kalo Indonesia bisa diibaratkan, Indonesia tuh cuman Kakek-kakek tua renta yang punya banyak 'saudara'. Tapi sayangnya, saudaranya itu cuma inget sama sang Kakek pas hari ulangtahunnya. Selebihnya? Enggak. Saudaranya pergi ninggalin sang Kakek dengan sejuta kotoran. Dan pas sang kakek itu ulangtahun, saudara-saudaranya dateng lagi menyembah dia.
    Gue ngga bisa ngebayangin sedihnya kakek itu(ceilaaaahh). Disayang, dibuang. Tapi yaitulah kita. Susah buat jadi beda. Bisanya cuma ikut-ikutan. Maaf ya, bukan maksud ngehina atau nyindir. Gue juga termasuk kedalam 'saudara si Kakek' yang bisanya cuma ikut-ikutan doang loh. Jadi gue ngga jauh lebih baik dari kalian. We are same guys.
    Tapi gue bakal nyoba buat 'being different' itu. Bakal jagain 'sang Kakek.' Bakal terus ngebelain 'si Kakek'. Ya walaupun susah emang ya buat 'being different' tapi apa salahnya nyoba? Siapa tau bisa ;) Coba buat nge-hargain satu sama lain. Mulai dari Aceh sampe Papua. Dari putih sampe hitam. Dari sipit sampe belo. Dari kurus sampe gemuk.
    And about the religi. Belom lama ini gue denger di twitter ada yang mengatasnamakan FPI(cie anak twitter). Pas gue baca timelinenya, gue shocked. Masih ada aja pemuda yang kalo ngomong ngga disaring gitu. So un-educated. Tapi gue tau pasti dia hatinya baik O:) Dia kayak gitu cuman mau cari sensasi doang. Christian, Islam, Hindu, Buddha, catholic. We are same.
BHINNEKA TUNGGAL IKA. BERBEDA-BEDA TAPI TETAP SATU JUGA
    So please. Cobalah menghargai Indonesia mulai dari sekarang. Apa jadinya kalo kita mulai melupakan 'sang Kakek'? Bisa-bisa tetangga sebelah mulai ngambil ancang-ancang buat ngerebut 'sang Kakek' dari kita. Hahahahaha.
    Makanya, sikap nasionalisme tuh bukan cuma berbentuk tulisan. Tapi yang ada dalam diri kita. Percuma kan, kita capek-capek buang-buang pulsa cuman buat ngapdet status di facebook, twitter, etc sedangkan kalo disuruh upacara aja, "Yaelah, ngapain sih pake upacara-upacara segala? Capek tauk!". Ohmyyy. Coba kita re-fresh ingetan kita ke jaman penjajahan Belanda. Gimana susahnya nenek moyang kita cuma buat mengibarkan sang Merah Putih. Mereka harus ngendap-ngendap dulu biar ngga ketauan sama penjajah Belanda.
    Terus waktu disuruh baris. Baris aja udah ngga niat. Kalo jaman nenek gue, kalo disuruh baris pasti langsung sigap banget. Bahkan jaman dulu, ngga boleh ada yang nyanyiin lagu Indonesia Raya. Sekarang? Boro-boro. Hafal aja susah. Pasti kalian bilang, "Yelah, Tha. Jaman dulu sama jaman sekarang kan beda. Wajarlah." Nah, justru itu. Di era globalisasi(eaaaa) seharusnya kita udah lebih mudah buat ngelakuin hal-hal kayak: baris, ngibarin bendera, dan nyanyiin lagu Indonesia Raya. Tanpa ada ancaman dari penjajah Belanda.
    Seharusnya, perjuangan nenek-kakek kita udah cukup buat kita jadiin pacuan(gaya). Tinggal gimana kita meng-eksplor gimana caranya supaya perjuangan para pahlawan ngga sia-sia. Udah ngga kehitung lagi berapa jiwa melayang sia-sia demi merebut kemerdekaan. Ngga kebayang deh kalo kita tukeran jaman sama mereka-mereka itu.
    Jadi, coba kita mulai buat lebih menghargai nasionalisme. Lewat bentuk nyata. Talk less do more guys. Sebelumnya gue ngga ada maksud buruk atau apalah. Gue cuman pengen berbagi kisah sama kalian semua.

Thankyou for stay reading, guys.

ARTHA
XOXO

MERDEKA!

Tidak ada komentar: